Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan public speaking mahasiswa, khususnya dalam peran sebagai Master of Ceremonial (MC), melalui penerapan metode Project Based Learning (PjBL). Metode PjBL dipilih karena mampu mengintegrasikan pembelajaran berbasis proyek dengan pengalaman langsung, sehingga mahasiswa lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Tadulako. Data dikumpulkan melalui Perencanaan (Planning), Pelaksanaan (Acting), Observasi (Observaring), dan Refleksi (Reflecting) mahasiswa, yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam berbagai aspek keterampilan berbicara, antara lain artikulasi dan intonasi, penyusunan naskah, penguasaan panggung, kepercayaan diri, dan interaksi dengan audiens. Peningkatan ini tampak dari perbandingan skor rata-rata sebelum dan sesudah PjBL, yang diilustrasikan dalam bentuk tabel dan grafik. Kesimpulannya, metode PjBL efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan berbicara untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa menjadi MC yang profesional, kreatif, dan percaya diri.
Copyrights © 2025