Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 8 No. 1 (2025): Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Persepsi Guru dan Orang Tua dalam Mengelola Kelas Inklusif Anak Berkebutuhan Khusus Di SD 12 Prafi

Indriyani, Dian (Unknown)
Mubarok, Zaki (Unknown)
Rahmi, Elvi (Unknown)
Saputra, Juni (Unknown)
Yaqinah, Ainul (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  persepsi Guru dan orang tua terhadap implemetasi pendidikan inklusif Sekolah Dasar Inpress 12 Prafi Manokwari, Papua Barat. beberapa tantangan yang dihadapi: 1) tantangan sosial emosional; 2) tantangan yang berkaitan dengan pembelajaran dan perkembangan keterampilan; 3) tantangan yang berkaitan dengan penyiapan dan penataran para profesional (guru) 4) keterbatasan sarana dan prasarana, 5) Beban administrasi dan modifikasi kurikulum, 6) Rendahnya kesadaran orang tua dan  masyarakat terhadap anak berkebutuhan khusus. Sebagai solusinya adalah 1) Peningkatan kualitas in-service training (INSET) berupa awareness programmes, school-based professional development programmes, family support ; 2) Pelatihan co-teaching, yaitu guru dapat berbagi informasi mengenai pembelajaran dengan dengan siswa di kelas, mengurangi beban guru di kelas karena pembelajaran dilakukan oleh dua guru, dan memberikan pengalaman lebih dalam mengajar. Jika guru yang mengajar dapat bekerjasama dengan baik, maka beban mengajar yang dirasakan akan berkurang  3) Perlunya kolaborasi antara pihak sekolah dan orang tua.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ej

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Mathematics Other

Description

ELEMENTARY JOURNAL : JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Nama Jurnal Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Frekwensi 2 Issue / Tahun DOI Prefix https://doi.org/10.47178/elementary P-ISSN 2622-0431 E-ISSN 2829-1611 Penerbit LP2M Universitas Kristen Indonesia Toraja Analisis ...