JURNAL DIVERSITA
Vol. 11 No. 1 (2025): JURNAL DIVERSITA JUNI

Peran Moderasi Interaksi Parasosial Pada Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Pada Wanita

Siregar, May Sarah (Unknown)
Leila, Gustiarti (Unknown)
Ginting, Eka Danta Jaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2025

Abstract

Keputusan pembelian produk skincare dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah citra merek. Dalam era digital, interaksi parasosial antara konsumen dan influencer semakin kuat, sehingga dapat memoderasi hubungan antara citra merek dan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian skincare serta melihat bagaimana peran interaksi parasosial dalam memoderasi hubungan tersebut. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 300 wanita berusia 18–40 tahun yang menggunakan produk skincare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk skincare. Selain itu, interaksi parasosial terbukti memperkuat hubungan tersebut. Artinya, semakin kuat interaksi parasosial antara konsumen dan influencer, semakin besar pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa keterikatan emosional dengan influencer dapat memperkuat kepercayaan dan keyakinan konsumen terhadap merek yang direkomendasikan. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi referensi bagi perusahaan dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dengan memanfaatkan interaksi parasosial sebagai faktor yang dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

diversita

Publisher

Subject

Education Neuroscience Social Sciences

Description

Journal Diversita is an open access, interdisciplinary journal for the rapid publication of original articles and reviews that focus on basic research in all areas of Biomarkers. The journal is broad scoped and considers topics from all related subjects of perception, cognition, attention, emotion, ...