Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui teknik mozaik pada anak kelompok B di TK Islam Al Ikhsan Kota Palopo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat pertemuan. Desain PTK terdiri atas empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Islam Al Ikhsan Kota Palopo yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan melalui kegiatan yang menggunakan teknik mozaik. Hal ini terlihat dari persentase peningkatan yang diperoleh, yaitu pada pra-siklus sebesar 32,08%, meningkat pada siklus I menjadi 52,5%, dan pada siklus II meningkat menjadi 85,41%. Penggunaan teknik mozaik dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak.
Copyrights © 2025