Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan modul elektronik dengan lingkup materi gambar furnitur untuk mata pelajaran Menggambar dengan perangkat lunak program keahlian Teknik Konstruksi dan Perumahan di SMKN 1 Cibinong, Jawa Barat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RnD) dengan model yang digunakan adalah model 4D yang dimana model tersebut terdiri dari 4 tahapan yaitu Define, Design, Development, dan Disseminate. Penelitian ini diawali dengan analisis kebutuhan yang dimana data menunjukkan pembelajaran hanya dilakukan dengan menggunakan PPT yang dimana kegiatan pembelajaran umumnya dilakukan dengan praktikum. E-modul dibuat dengan menggunakan Canva, kemudian diuji dengan menggunakan ahli materi, ahli media, dan pengguna e-modul, diamati melalui uji coba terbatas dengan siswa. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan metode kuantitatif. Alat penelitian adalah kuesioner yang digunakan untuk mendapatkan data pada beberapa tahap selama proses validasi. Temuan validasi mengungkapkan e-modul sangat layak dalam hal materi konten, dengan 98,12% validasi dari ahli materi, dan 93,59% validasi dari ahli media. Berdasarkan hasil uji coba secara terbatas, terdapat gain score (peningkatan kognitif) yang tergolong sedang di angka 0,67. Pada respon pengguna e-modul, didapatkan hasil sebesar 85,83% yang masuk ke dalam kategori sangat layak. Berdasarkan temuan ini, e-modul sesuai untuk digunakan sebagai sumber daya akademis yang bermanfaat dan telah terbukti meningkatkan kapasitas kognitif siswa.
Copyrights © 2025