EBTIDA' : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 5 No 1 (2025): June 2025

STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI AKHLAKUL KARIMAH MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH: Strategi Efektif Guru Dalam menanamkan Nilai Akhlakul Karimah Siswa melalui Pembelajaran Akidah Akhlak

Ani Apriyani (Unknown)
Dewi, Natasya Sylvia Dewi (Unknown)
Adinda Putri Ramadhani (Unknown)
Oman Farhurohman (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Nilai akhlakul karimah merupakan unsur utama dalam pembentukan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi yang digunakan guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai akhlak mulia melalui pembelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Hasil kajian menunjukkan bahwa guru tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai teladan moral (qudwah hasanah), fasilitator nilai, dan pembina karakter. Strategi pembelajaran efektif meliputi ceramah inspiratif, diskusi reflektif, simulasi nilai, studi kasus, dan pembelajaran berbasis proyek. Keteladanan guru berperan signifikan dalam proses internalisasi nilai, didukung oleh lingkungan madrasah yang religius serta keterlibatan aktif keluarga dan masyarakat. Proses pembentukan akhlak menjadi lebih optimal melalui kolaborasi antar elemen pendidikan yang konsisten. Dengan demikian, pembelajaran Akidah Akhlak yang integratif dan kontekstual dapat membentuk generasi berakhlak mulia dan berkarakter Islami.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ebtida

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

EBTIDA: Journal of Islamic Basic Education is an open peer-reviewed journal published by the Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program (PGMI) Faculty of Islamic Sciences, Raden Rahmat Islamic University (UNIRA) Malang. This journal contains scientific manuscripts on Islamic Basic Education ...