Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika dan minimnya keterlibatan siswa kelas V SD Negeri Pamulang Indah, khususnya dalam memahami materi bangun datar dan pengolahan data. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar melalui pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) yang dipadukan dengan strategi gamifikasi dalam pembelajaran kontekstual. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan melibatkan 32 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi kelas, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada ketuntasan belajar siswa dari 43,75% pada pra-siklus, menjadi 65,6% pada siklus I, dan 87,5% pada siklus II. Keterlibatan siswa juga meningkat melalui diskusi kelompok dan penyelesaian tugas. Pendekatan TaRL dilakukan untuk membantu siswa belajar sesuai tingkat kemampuannya, sementara elemen gamifikasi seperti poin, tantangan, dan lencana level meningkatkan motivasi dan partisipasi. Hasil ini menunjukkan bahwa kombinasi TaRL dan gamifikasi dalam pembelajaran kontekstual efektif mendukung pembelajaran berdiferensiasi dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan penerapan lebih luas serta integrasi teknologi dalam gamifikasi pembelajaran.
Copyrights © 2025