Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 6 (2025): BESIRU : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Juni 2025

DIGITALISASI PEMASARAN UMKM BERBASIS MEDIA SOSIAL DI KELURAHAN PESANTREN, KECAMATAN MIJEN, SEMARANG

Sulistiyani (Unknown)
Gita Sugiarti (Unknown)
Aris Mardiono (Unknown)
Hikmah (Unknown)
Caecilia Sri Haryanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Pesantren, Kecamatan Mijen, Semarang, dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran digital. Berdasarkan hasil observasi awal, mayoritas pelaku UMKM belum optimal dalam menggunakan platform digital untuk mempromosikan produk mereka. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan langsung. Pelatihan difokuskan pada penggunaan WhatsApp Business, Instagram, dan Facebook untuk promosi produk secara digital. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam membuat konten, mengatur katalog produk, dan berinteraksi dengan pelanggan secara daring. Dengan adanya kegiatan ini, pelaku UMKM diharapkan mampu memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing produk lokal.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

BESIRU

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

BESIRU : Jurnal Pengabdian Masyarakat is an academic journal organized and operated by LPP Manggala Institute which aims to publish conceptual thoughts or ideas and research findings that have been achieved in the field of community development and application of science and technology, including ...