JENTRE
Vol. 6 No. 1 (2025): JENTRE: Journal of Education, Administration, Training and Religion

Fungsi Perencanaan pada Manajemen Pendidikan Islam dalam Perspektif al-Qur'an dan Sunnah

Amarullah, Mohammad Syarifuddin (Unknown)
Zohriah, Anis (Unknown)
Firdaos, Rijal (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Perencanaan atau al-takhtīṭ merupakan salah satu pilar penting dalam manajemen pendidikan, termasuk dalam konteks pendidikan Islam. Artikel ini bertujuan untuk menggali secara mendalam fungsi perencanaan dalam manajemen pendidikan Islam berdasarkan perspektif al-Qur’an dan Sunnah. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan studi pustaka (library research), penulis mengkaji teks-teks al-Qur’an dan hadis serta literatur klasik dan kontemporer yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa perencanaan bukan hanya aspek teknis dalam dunia pendidikan, melainkan bagian integral dari ajaran Islam yang memiliki dimensi spiritual, moral, dan strategis. Al-Qur’an memberikan banyak isyarat mengenai pentingnya perencanaan dalam kehidupan manusia, seperti yang tergambar dalam kisah Nabi Yusuf dan kisah penciptaan alam semesta. Demikian pula Sunnah Nabi Muhammad ﷺ menunjukkan praktik perencanaan yang sistematis dan bijaksana dalam mengelola umat. Artikel ini mengajak para praktisi dan akademisi untuk memahami al-takhtīṭ dalam pendidikan Islam sebagai bagian dari ‘ibādah dan bentuk tanggung jawab terhadap amanah pendidikan. Kata Kunci: al-takhtīṭ, manajemen pendidikan Islam, al-Qur’an, Sunnah, fungsi perencanaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jen

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal is called JENTRE as a vehicle to discuss Education, Administration, Training and religion issues in society JENTRE accepts research based papers, literature reviews, case studies, or any scientific articles that relate to Education, Administration, Training and religion issues and ...