Penelitian ini membahas tantangan keterbatasan kesempatan bagi mahasiswa untuk berlatih keterampilan berbicara bahasa Arab, dengan menyoroti dosen native speaker sebagai solusi. Menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui observasi dan kuesioner, penelitian ini menganalisis strategi pengajaran dan respons mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan dosen native speaker sangat efektif, terlihat dari antusiasme mahasiswa dan keterlibatan aktif mereka dalam berlatih percakapan bahasa Arab sehari-hari. Data kuesioner menunjukkan tingkat persetujuan yang tinggi dari mahasiswa, dengan 48,6% pada aspek pedagogis dan 60,7% pada aspek linguistik memberikan tanggapan “sangat setuju.” Penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dipimpin oleh dosen native speaker berkualitas tinggi, meskipun terdapat keterbatasan dalam penggunaan metode dan media modern. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pengajar bahasa Arab untuk meningkatkan praktik pengajaran serta mempertimbangkan pelibatan dosen native speaker dalam proses pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025