Rendahnya pemahaman konsep matematis peserta didik, khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV), menjadi perhatian dalam proses pembelajaran. Banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami langkah penyelesaian soal secara menyeluruh. Kondisi ini mendorong perlunya strategi pembelajaran yang inovatif dan mendukung keterlibatan aktif serta pemahaman konseptual. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman konsep matematis melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang didukung aplikasi Linear Equation System Solver (LESS). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama dua siklus. Pada siklus I, penerapan PBL tanpa bantuan teknologi menghasilkan skor rata-rata 39,93. Pada siklus II, setelah menggunakan aplikasi LESS, skor rata-rata meningkat menjadi 74,07. Hasil ini menunjukkan bahwa integrasi PBL dan aplikasi LESS efektif dalam memperkuat pemahaman peserta didik terhadap SPLTV secara sistematis dan interaktif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025