Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan
Vol 11 No 1 (2025): JUMLAHKU VOL.11 NO.1 2025

ANALISIS KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI MICROSOFT EXCEL DAN MATLAB DALAM PENYELESAIAN POLINOMIAL NEWTON

Natarina, Lilia Mey (Unknown)
Cynthiagustin Cahya Kartika (Unknown)
Ari Wibowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital mendorong kebutuhan akan integrasi perangkat lunak komputasi dalam pembelajaran mtematika, khususnya pada materi analisis numerik seperti interpolasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan metode interpolasi Newton dalam menyelesaikan permasalahan numerik dengan bantuan perangkat lunak Microsoft Excel dan MATLAB. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan teknik eksperimen komputasi terhadap dua set data numerik yang masing-masing dianalisis menggunakan Microsoft Excel dan MATLAB. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa kedua perangkat lunak menghasilkan interpolasi yang identik, yang menunjukkan bahwa algoritma Newton dapat diterapkan secara konsisten dan akurat pada kedua platform. Microsoft Excel menunjukkan keunggulan dalam hal visualisasi data dan kemudahan penggunaan antarmuka, yang cocok untuk pengguna pemula atau pembelajaran interaktif. Sementara itu, keunggulan MATLAB dalam efisiensi dan fleksibilitas dibuktikan melalui struktur skrip otomatis dan perulangan bersarang yang mempersingkat proses penghitungan untuk data berukuran besar. Temuan ini menunjukkan pentingnya pemanfaatan kedua alat secara komplementer dalam pembelajaran matematika berbasis teknologi untuk meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan komputasi, dan literasi numerik siswa di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JUMLAHKU: the scientific mathematics journal Universitas Muhammadiyah Kuningan, is a digital journal based on open access, has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal was founded by the Department of Mathematics ...