Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap miskonsepsi siswa pada materi bilangan bulat menggunakan pendekatan Certainty of Response Index (CRI). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Gorontalo. Instrumen penelitian meliputi tes esai berformat CRI dan wawancara sebagai data pendukung. Hasil analisis menunjukkan bahwa banyak siswa mengalami miskonsepsi, yang ditandai oleh jawaban salah dengan tingkat keyakinan tinggi (CRI 3–5). Temuan ini mengindikasikan bahwa pemahaman siswa terhadap konsep bilangan bulat masih belum memadai, baik dalam pemahaman soal maupun dalam proses perhitungan. Faktor kurangnya ketelitian juga turut berkontribusi terhadap miskonsepsi tersebut. Pendekatan CRI terbukti efektif dalam mengidentifikasi tidak hanya kesalahan jawaban tetapi juga tingkat keyakinan siswa, di mana tingginya skor CRI pada jawaban yang salah menegaskan adanya miskonsepsi yang signifikan terkait materi bilangan bulat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan perlunya guru, terutama guru matematika, untuk segera menanggapi masalah miskonsepsi yang dialami siswa.
Copyrights © 2025