Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan
Vol 11 No 1 (2025): JUMLAHKU VOL.11 NO.1 2025

MISKONSEPSI BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA SISWA SMP

Hasan, Febiyanti R. (Unknown)
Syifa Afidah Nurul Arifin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap miskonsepsi siswa pada materi bilangan bulat menggunakan pendekatan Certainty of Response Index (CRI). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Gorontalo. Instrumen penelitian meliputi tes esai berformat CRI dan wawancara sebagai data pendukung. Hasil analisis menunjukkan bahwa banyak siswa mengalami miskonsepsi, yang ditandai oleh jawaban salah dengan tingkat keyakinan tinggi (CRI 3–5). Temuan ini mengindikasikan bahwa pemahaman siswa terhadap konsep bilangan bulat masih belum memadai, baik dalam pemahaman soal maupun dalam proses perhitungan. Faktor kurangnya ketelitian juga turut berkontribusi terhadap miskonsepsi tersebut. Pendekatan CRI terbukti efektif dalam mengidentifikasi tidak hanya kesalahan jawaban tetapi juga tingkat keyakinan siswa, di mana tingginya skor CRI pada jawaban yang salah menegaskan adanya miskonsepsi yang signifikan terkait materi bilangan bulat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan perlunya guru, terutama guru matematika, untuk segera menanggapi masalah miskonsepsi yang dialami siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JUMLAHKU: the scientific mathematics journal Universitas Muhammadiyah Kuningan, is a digital journal based on open access, has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal was founded by the Department of Mathematics ...