Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 2 (2025): Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Manajemen Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah

Hayatun Nufus (Unknown)
Siti Hafiza (Unknown)
Yulianti (Unknown)
Alifiya, Windi (Unknown)
Jannah, Miftahul (Unknown)
Nasarudin, Nasarudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis proses manajemen pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Jannah Ampenan. Dilakukan dengan metode kualitatif jenis deskriptif melalui wawancara dan observasi, penelitian ini mengkaji lima komponen utama manajemen: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, supervisi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses manajemen di madrasah telah berjalan cukup baik. Perencanaan pembelajaran telah dilakukan dimulai dari penyusunan RPP yang lebih spesifik guna meningkatkan mutu pembelajaran dan pengajaran. Pengorganisasian kelas telah dilakukan dengan semaksimal mungkin, namun perlu peningkatan dalam manajemen waktu. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan berbagai variasi, tetapi perlu penambahan metode yang lebih interaktif. Supervisi dari kepala madrasah telah dilakukan, namun frekuensinya dapat ditingkatkan lagi. Sedangkan evaluasi perlu pengembangan instrumen yang lebih komprehensif. Secara keseluruhan, manajemen pembelajaran di madrasah ini telah berkontribusi pada peningkatan hasil belajar siswa, namun masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk perbaikan proses manajemen pembelajaran bahasa Arab di masa depan, sehingga dapat mencapai hasil yang lebih optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...