Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 1 (2025): Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Analisis Butir Soal Sumatif Akhir Semester Genap PAI Berdasarkan Taksonomi Bloom Di Kelas VI SD Islam Al-Abid

Muhammad Syawal Karo-Karo (Unknown)
Iqbal Maulana (Unknown)
Syukri Kurniawan Nasution (Unknown)
Nurmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kognitif butir soal sumatif akhir semester genap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VI di SD Islam Al-Abid berdasarkan Taksonomi Bloom revisi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi dan wawancara semi-terstruktur terhadap guru penyusun soal. Instrumen penelitian berupa lembar analisis soal dan panduan wawancara. Hasil analisis terhadap 35 butir soal menunjukkan bahwa distribusi level kognitif masih sangat didominasi oleh level berpikir rendah (C1–C3) sebesar 97,14%, sementara level berpikir tinggi (C4–C6) hanya sebesar 2,86%. Temuan ini menunjukkan ketidakseimbangan dalam cakupan level kognitif soal dan belum optimalnya penerapan soal berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini merekomendasikan penguatan kapasitas guru dalam menyusun soal yang mencakup semua level kognitif Taksonomi Bloom guna mendukung pembelajaran yang reflektif,analitis, dan kontekstual sesuai tuntutan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kognitif butir soal sumatif akhir semester genap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VI di SD Islam Al-Abid berdasarkan Taksonomi Bloom revisi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi dan wawancara semi-terstruktur terhadap guru penyusun soal. Instrumen penelitian berupa lembar analisis soal dan panduan wawancara. Hasil analisis terhadap 35 butir soal menunjukkan bahwa distribusi level kognitif masih sangat didominasi oleh level berpikir rendah (C1–C3) sebesar 97,14%, sementara level berpikir tinggi (C4–C6) hanya sebesar 2,86%. Temuan ini menunjukkan ketidakseimbangan dalam cakupan level kognitif soal dan belum optimalnya penerapan soal berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini merekomendasikan penguatan kapasitas guru dalam menyusun soal yang mencakup semua level kognitif Taksonomi Bloom guna mendukung pembelajaran yang reflektif,analitis, dan kontekstual sesuai tuntutan Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...