Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 2 (2025): Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Pengaruh Pembacaan Asmaul Husna Terhadap Perilaku Religius Siswa: Suatu Studi Kepustakaan

Ependi, Asip (Unknown)
Adib, Muhammad (Unknown)
Pramodana, Dimas Raba (Unknown)
Rahmah, Fadila (Unknown)
Pahrudin, Agus (Unknown)
Supriadi, Nanang (Unknown)
Murtadho , Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembacaan Asmaul Husna terhadap perilaku religius siswa melalui pendekatan studi kepustakaan. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik library research, yang melibatkan analisis terhadap berbagai literatur, jurnal, dan hasil penelitian terdahulu yang relevan. Data dikumpulkan dari sumber-sumber terpercaya yang membahas implementasi pembacaan Asmaul Husna dalam konteks pendidikan dan pembentukan karakter religius siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembacaan Asmaul Husna secara rutin dapat meningkatkan aspek-aspek perilaku religius siswa, seperti kejujuran, tanggung jawab, toleransi, dan kedisiplinan. Hal ini disebabkan oleh internalisasi nilai-nilai yang terkandung dalam Asmaul Husna, yang mendorong siswa untuk meneladani sifat-sifat Allah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pembacaan Asmaul Husna dapat dijadikan sebagai strategi efektif dalam pembentukan karakter religius siswa di lingkungan pendidikan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...