Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program Privat Baca dan Iqra', serta pengaruhnya terhadap peningkatan literasi dan kemampuan membaca Iqra' siswa yang dibimbing oleh mahasiswa UMRI di SD Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, penelitian ini menemukan bahwa siswa yang mengikuti program secara disiplin dan konsisten cenderung mengalami peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca dan mengaji. Namun, beberapa siswa masih menghadapi kendala meskipun telah mendapatkan pendampingan secara berulang. Secara keseluruhan, hasil program ini bervariasi, dipengaruhi oleh tingkat kelas dan daya tangkap masing-masing siswa. Walaupun terdapat berbagai tantangan dalam implementasinya, program ini memberikan manfaat yang cukup besar dalam meningkatkan keterampilan membaca, baik terhadap teks umum maupun Al-Qur'an. Dengan adanya dukungan yang berkelanjutan dari pihak sekolah, mahasiswa pendamping, dan orang tua, program ini berpotensi untuk terus berkembang serta berkontribusi dalam peningkatan kualitas literasi siswa.
Copyrights © 2025