Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecemasan diri dengan kemampuan belajar bahasa Inggris dan untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi masalah kecemasan siswa dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 21 siswa dan 2 guru bahasa Inggris di SMPN 3 Tinambung. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan pengisian angkaet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecemasan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris cukup tinggi dan memengaruhi kemampuan mereka dalam berbicara. Kecemasan ini tampak dari berbagai aspek, baik secara psikologis, somatik, kognitif, maupun motorik. Selain itu, faktor penyebab kecemasan dalam pembelajaran ditemukan bahwa kecemasan siswa dalam belajar bahasa Inggris disebabkan kurangnya kepercayaan diri, takut melakukan kesalahan, keterbatasan kemampuan bahasa, kurangnya latihan, kurangnya bimbingan dan dukungan guru. Oleh karena itu, upaya penanganan kecemasan perlu dilakukan secara holistik, baik melalui pendekatan pembelajaran yang menyenangkan, peningkatan dukungan guru, latihan yang berkelanjutan, serta membangun lingkungan kelas yang aman dan inklusif bagi seluruh siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025