Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Vol 4, No 2 (2025): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

ANALISIS PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA DINI BERDASARKAN TAHAPAN PERKEMBANGAN PSIKOLINGUISTIK

Nurhasana, Nurhasana (Unknown)
Rasyid, Rahayu Tri Artanti (Unknown)
Arisda, Nur (Unknown)
Dewi, Anita Candra (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tahapan pemerolehan bahasa anak usia dini berdasarkan pendekatan psikolinguistik. Pemerolehan bahasa merupakan proses kompleks yang melibatkan aspek kognitif, neurologis, dan lingkungan sosial anak. Melalui kajian pustaka, artikel ini mengkaji lima tahapan utama perkembangan bahasa anak: tahap pra-linguistik, tahap holofrastik, tahap dua kata, tahap struktur sederhana, dan tahap kalimat kompleks. Setiap tahap menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan anak memahami dan menghasilkan bahasa, mulai dari isyarat non-verbal hingga kalimat majemuk yang utuh. Hasil analisis menunjukkan bahwa perkembangan bahasa tidak hanya dipengaruhi oleh kematangan biologis, tetapi juga oleh interaksi sosial yang bermakna dan stimulasi linguistik yang tepat. Kajian ini menekankan pentingnya peran orang tua dan pendidik dalam memberikan lingkungan bahasa yang kaya dan responsif untuk mengoptimalkan pemerolehan bahasa anak sejak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Education Other

Description

urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan ...