caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 5 No. 1 (2025): Juni 2025

PERAN VIDEO PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES BELAJAR DI SDN 01 PAUH

Aulia, Delima (Unknown)
Wulandari, Cici (Unknown)
Adrias, Adrias (Unknown)
Suciana, Fadila (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Kemajuan teknologi yang pesat telah memengaruhi dunia pendidikan, khususnya melalui penggunaan media audio-visual seperti video. Penelitian ini mengeksplorasi peran media video dalam meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes pemahaman, dan dokumentasi terhadap 21 peserta didik kelas VI di SDN 01 Pauh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis video berdampak positif terhadap keterlibatan peserta didik: 85% peserta didik menonton dengan saksama dan memahami materi dengan baik, sementara 15% mengalami sedikit kesulitan dalam pemahaman. Kehadiran video membuat proses belajar lebih interaktif, menyenangkan, dan memotivasi, sehingga mendorong partisipasi aktif peserta didik. Oleh karena itu, media audio-visual seperti video dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

caxra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar ...