caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 5 No. 1 (2025): Juni 2025

PENGARUH GROUP INVESTIGATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS IX KOTA BENGKULU

Putri, Aisyah (Unknown)
Agusdianita, Neza (Unknown)
Supriatna, Irfan (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbasis etnomatematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus IX Kota Bengkulu. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu dan desain Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel terdiri dari kelas VB SDN 61 Kota Bengkulu (kontrol, 28 siswa) dan VA SDN 82 Kota Bengkulu (eksperimen, 22 siswa). Kelas kontrol menggunakan model konvensional, sementara kelas eksperimen menggunakan model Group Investigation berbasis etnomatematika. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian, dan data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji-t. Hasil menunjukkan rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi (64,55) dibanding kelas kontrol (48,21). Uji-t menghasilkan nilai t_hitung > t_tabel (3,411 > 1,677) dan Sig. = 0,001 < 0,005, sehingga terdapat perbedaan signifikan. Kesimpulannya, model Group Investigation berbasis etnomatematika berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

caxra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar ...