Mesada: Journal of Innovative Research
Vol. 2 No. 1 (2025): Januari-Juni

Dampak Diskriminasi Sosial dalam Pembentukan Kelompok Belajar pada Mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam A Semester VI Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Ainul Mardiyah (Unknown)
M. Haikal Mulki Rangkuti (Unknown)
Muhammad Raihan Apriza (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

Diskriminasi sosial dalam lingkungan pendidikan tinggi menjadi isu krusial yang memengaruhi dinamika sosial dan pencapaian akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk, faktor penyebab, dampak, serta strategi mahasiswa dalam merespons diskriminasi sosial yang terjadi dalam proses pembentukan kelompok belajar. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara terhadap dua mahasiswa Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam A Semester VI Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Hasil temuan menunjukkan bahwa diskriminasi muncul dalam bentuk pengelompokan berdasarkan lingkaran pertemanan, latar belakang ekonomi, prestasi akademik, serta stereotip terhadap asal daerah. Mahasiswa yang terdampak sering kali terpinggirkan, kehilangan kepercayaan diri, motivasi belajar, dan kesempatan untuk berkembang dalam lingkungan kelompok. Meski demikian, sebagian mahasiswa menunjukkan ketahanan sosial dengan membentuk kelompok alternatif, menunjukkan partisipasi aktif di kelas, atau mencari dukungan dari dosen. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya menciptakan mekanisme pembentukan kelompok yang inklusif dan adil guna menciptakan lingkungan belajar yang setara dan mendukung perkembangan setiap individu secara optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mesada

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

The focus and scope of Mesada: Journal of Innovative Research is on various issues in multidisciplinary fields, both as material objects and formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners, and observers of interdisciplinary studies to publish their research results in ...