Journal of Counseling, Education and Society
Vol 6, No 1 (2025): Journal of Counseling, Education and Society

Edukasi ovulasi berbasis sains untuk remaja melalui pemanfaatan uji ferning saliva sebagai media pendukung

Nurhayati, Siti (Unknown)
Eniyati, Eniyati (Unknown)
Sari, Alfie Ardiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2025

Abstract

Remaja putri sering kali memiliki pengetahuan yang terbatas mengenai masa subur, padahal pemahaman tentang ovulasi penting sebagai bekal kesehatan reproduksi di masa depan. Pemanfaatan metode edukasi yang bersifat aplikatif dan berbasis sains dapat meningkatkan pemahaman tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas edukasi ovulasi berbasis sains melalui pemeriksaan ferning saliva terhadap peningkatan pengetahuan masa subur pada remaja putri. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan pretest-posttest one group design. Intervensi diberikan dalam bentuk edukasi mengenai konsep ovulasi, hormon estrogen, dan praktik pemeriksaan ferning secara langsung. Populasi penelitian adalah siswi remaja putri di SMA Muhammadiyah Kasihan, dan sebanyak 24 responden dipilih secara purposive sampling berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner pengetahuan masa subur yang telah divalidasi dan diuji reliabilitas. Analisis data dilakukan menggunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan skor pengetahuan sebelum dan sesudah intervensi. Hasil menunjukkan peningkatan skor pengetahuan secara signifikan (p = 0,000) setelah diberikan edukasi, Dari total 24 responden, sebanyak 87,5% (21 responden) mengalami peningkatan skor pengetahuan setelah intervensi edukasi, sementara 12,5% (3 responden) menunjukkan skor yang tetap, dan 0% mengalami penurunan. Selain itu, hasil uji ferning memperlihatkan 70,8% responden menunjukkan terbentuknya pola kristalisasi yang menandakan aktivitas estrogen. Edukasi ovulasi berbasis sains melalui pemeriksaan ferning efektif dalam meningkatkan pemahaman remaja putri tentang masa subur

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jces

Publisher

Subject

Humanities Education Neuroscience Public Health Social Sciences

Description

Journal of Counseling, Education and Society a peer-refereed open-access international journal that has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of education, teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning methodologies, ...