Journal of Educational Science and E-Learning
Vol. 2 No. 1 (2025): Juni

Penggunaan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untukĀ Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Piktogram Siswa Kelas IV SDNĀ Telang 1 Bangkalan

Friselya, Erika Yolanda (Unknown)
Mujtahidin, Mujtahidin (Unknown)
Ambarwati, Lisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Telang 1 Bangkalan pada materi piktogram dengan menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Pendekatan CRT mengaitkan materi pelajaran dengan budaya dan pengalaman siswa agar pembelajaran menjadi lebih bermakna. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa kelas IV tahun pelajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CRT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 31,65 pada pra-siklus menjadi 52,58 pada siklus I dan meningkat signifikan menjadi 82,02 pada siklus II. Selain itu, jumlah siswa yang mencapai kategori sangat baik dan baik meningkat menjadi 100% pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Culturally Responsive Teaching efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi piktogram.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jese

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal of Educational Science and E-Learning (JESE) adalah jurnal ilmiah nasional yang berfokus pada penelitian dan pengembangan dalam inovasi dan teknologi bidang pendidikan, pembelajaran, dan e-learning. Jurnal ini terbit setahun dua kali yaitu pada bulan Juni dan Desember. Focus and Scope jurnal ...