Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol. 8 No. 1 (2025): Darajat: Jurnal PAI

Transformasi Pendidikan Melalui Teater  Sebagai Media Komunikasi di Sekolah

Khiyaroh, Intihaul (Unknown)
Ummah, Nafiatul (Unknown)
Anifah Misbah, Njeng (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi transformasi pendidikan melalui teater sebagai media komunikasi di sekolah. Teater, sebagai bentuk seni pertunjukan, memiliki potensi yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan komunikasi, kolaborasi, dan empati siswa. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan observasi dan wawancara mendalam dengan pengajar dan siswa di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK) hingga perguruan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan teater tidak hanya berfungsi sebagai alat ekspresi diri tetapi juga menciptakan ruang belajar yang interaktif dan mendukung perkembangan sosial emosional siswa. Selain itu, teater membantu siswa memahami berbagai perspektif dan meningkatkan kemampuan mereka dalam berkomunikasi secara efektif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi teater dalam kurikulum pendidikan dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap proses pembelajaran dan pengembangan karakter siswa. Temuan ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagi pendidik dan pengelola sekolah untuk mengadopsi metode pembelajaran berbasis teater sebagai cara inovatif dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Darajat

Publisher

Subject

Education

Description

Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam adalah jurnal yang mempublikasikan artikel orisinil yang mengungkap, mendiskusikan, serta mengeksplorasi pemikiran tentang pendidikan dalam Islam, pendidikan Islam, dan pendidikan agama Islam. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam juga menerima artikel hasil ...