Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 2 (2025): May

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Culturally Responsive Teaching (CRT) di Kelas III SD

Yuliati (Unknown)
Imam Malik (Unknown)
Diah Husnia Purnamawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ialah untuk mengetahui pengaruh penerapan Culturally Responsive Teaching terhadap motivasi belajar siswa kelas III SDN 26 Mataram. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa setelah penerapan CRT. Pada siklus pertama, rata-rata skor motivasi belajar siswa meningkat dari kategori sedang ke kategori tinggi. Peningkatan ini menunjukkan bahwa CRT mampu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, menghargai keberagaman budaya, dan memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Hasil ini menegaskan bahwa pendekatan CRT dapat digunakan sebagai strategi pengajaran yang efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa di kelas, terutama dalam konteks keberagaman budaya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...