Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 6 SDN 29 Ampenan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dengan materi Rotasi dan Revolusi Bumi melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklus melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa dari pra-siklus hingga Siklus II. Pada Siklus I, rata-rata nilai siswa meningkat dari 63,5 menjadi 75,2 dengan ketuntasan klasikal sebesar 68%. Pada Siklus II, nilai rata-rata siswa mencapai 85,4 dengan ketuntasan klasikal sebesar 92%. PBL terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa, keterampilan berpikir kritis, dan pemahaman materi. Dengan demikian, model pembelajaran PBL dapat dijadikan strategi yang relevan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025