Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan komunikasi matematis bagi siswa kelas VIII di SMPN 1 Praya tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan two group randomized subject post-test only. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Praya dengan sampel kelas VIII 6 sebagai kelas kontrol dan VIII 9 sebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan model discovery learning pada pembelajaran bangun ruang kubus dan balok terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Praya tahun ajaran 2024/2025, dimana pengaruh yang diberikan termasuk kategori besar dengan nilai keberartian sebesar 1,02. dan 2) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh thitung > ttabel (3,966 > 1,672). Nilai rata-rata kelas eksperimen > kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 88,03 sedangkan kelas kontrol sebesar 79,17.  Kesimpulannya, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan model discovery learning pada pembelajaran bangun ruang kubus dan balok terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025