Manajemen sekolah adalah komponen penting dalam menciptakan lingkungan Pendidikan yang efektif dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas manajemen sekolah dalam berbagai aspek penting yang memengaruhi kualitas pendidikan, seperti perencanaan dan pelaksanaan kurikulum, rekrutmen dan pengembangan profesional tenaga pendidik, manajemen kesiswaan, pemeliharaan sarana dan prasarana, pengelolaan hubungan sekolah dengan masyarakat, serta pelayanan khusus untuk siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Diharapkan bahwa pemeriksaan yang menyeluruh dan mendalam akan memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana manajemen sekolah dapat meningkatkan standar pendidikan. Artikel ini menyoroti praktik-praktik terbaik yang digunakan oleh Lembaga Pendidikan untuk memenuhi tujuan Pendidikan lokal dan nasional dengan menggunakan metodologi kualitatif jenis studi kasus. Hasil menunjukkan bahwa manajemen sekolah yang efektif membutuhkan kerja sama dari guru, siswa, orang tua, dan masyarakat.
Copyrights © 2025