Diversity Guidance and Counseling Journal
Vol. 3 No. 1 (2025): Diversity 2025

Pendekatan Konseling Behavioristik dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik: Sebuah Telaah Pustaka

Nurlaisa, Rifa (Unknown)
Saputri, Hany (Unknown)
Muhyi, Abdul (Unknown)
Khairat, Imalatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Tujuan utama dari artikel ini yaitu untuk melihat bagaimana pendekatan behavior dapat membantu mengatasi perilaku bermasalah khusus prokrastinasi akademik pada siswa melalui penerapan teori behavioristik. Artikel ini menganalisis teori behavioristik utama seperti BF Skinner, Ivan Pavlov, dan Albert Bandura. Kemudian meneliti bagimana pendekatan behavior dapat membantu mengatasi prokrastinasi akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah telaah pustaka. Telaah pustaka dilakukan pada data base google scholar yang berbentuk buku dan artikel ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling perilaku dapat memberikan kontribusi dalam pendidikan, terutama dalam menangani perilaku menyimpang dan kebiasaan menunda tugas siswa. Terbukti bahwa perubahan perilaku yang nyata, terarah, dan berkelanjutan dapat dicapai oleh individu melalui penggunaan berbagai pendekatan, termasuk kontrak perilaku, penguatan positif, modeling, dan self-monitoring.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dgcj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Merupakan jurnal peer-review dalam bidang bimbingan dan konseling. Jurnal Diversity dikelola oleh Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng ...