Guru Bimbingan dan konseling memiliki peran yang penting dan dibutuhkan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Hal ini sesuai dengan fungsi bimbingan dan konseling yaitu membantu peserta didik untuk berkembang secara optimal sesuai dengan perkembangan dan tuntutan yang terjadi di lingkungan. Kedisiplinan sekolah dan siswa akan optimal apabila ada bentuk kerja sama dari berbagai pihak. Karena itu, perlu adanya kontribusi dari pihak seperti kepala sekolah, para guru, staf-staf yang lain, satpam sekolah dan peserta didik itu sendiri. Metode penelitian yang digunakan peneliti pada penelitian ini yaitu studi Pustaka (Library Research). Studi Pustaka merupakan upaya dalam mengumpulkan data dan sumber-sumber mengenai topik yang diambil dalam sebuah penelitian. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru BK sebagai fasilitator bagi siswa untuk mengatasi disiplin waktu belajar siswa dengan menggunakan teknik kontrak perilaku. Penerapan teknik ini tidak hanya untuk individual saja tetapi juga bisa digunakan untuk kelompok karena terbukti untuk meningkatkan kepatuhan siswa terhadap waktu belajar melalui kesepakatan yang disertai dengan adanya reward dan punishment.
Copyrights © 2025