Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat mengembangkan karakter rasa ingin tahu siswa kelas III. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap dan tiga kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas III SD Inpres 6/75 Mallari Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang siswa, yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Penelitian didasarkan oleh latar belakang tingkat rasa ingin tahu siswa dalam belajar masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari persentase observasi perkembangan rasa ingin tahu siswa pada pra siklus mencapai kategori cukup dan kategori tersebut belum mencapai indikator keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat mengembangkan karakter rasa ingin tahu siswa dimana, persentase observasi rasa ingin tahu siswa mengalami perkembangan pada setiap siklus dan pada siklus II mencapai kategori baik, perkembangan karakter rasa ingin tahu siswa pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat mengembangkan karakter rasa ingin tahu siswa kelas III SD SD Inpres 6/75 Mallari Tahun Pelajaran 2022/2023.Keywords: Inkuiri terbimbing, karakter rasa ingin tahu
Copyrights © 2025