Majalah Pembelajaran Geografi
Vol. 8 No. 1 (2025): MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI

PENGARUH MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBANTUAN MEDIA PEAR DECK TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA/MA

Zubaidah, Zubaidah (Unknown)
Kurnianto, Fahmi Arif (Unknown)
Pangastuti, Era Iswara (Unknown)
Astutik, Sri (Unknown)
Apriyanto, Bejo (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Model pembelajaran konvensional masih belum maksimal dalam mempengaruhi kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa, sehingga diperlukan solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh yang signifikan dari Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions Berbantuan Media Pear Deck Terhadap Kemampuan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa. Populasi penelitian ini yakni seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran 2023/2024 yang terbagi menjadi 10 kelas dan diambil dua kelas sebagai sebagai sampel penelitian. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan dirancang dengan posttest only kontrol group design. Uji hipotesis berdasarkan perhitungan uji-t pada kemampuan kolaborasi diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000. Sedangkan dari hasil belajar siswa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,006 yang artinya dibawah 0,05. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan terhadap penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions Berbantuan Media Pear Deck Terhadap Kemampuan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa SMA/MA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PGEO

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Environmental Science

Description

Majalah Pembelajaran Geografi (E-ISSN : 2622-125X) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan artikel-artikel pada bidang : (1) Pendidikan Geografi, (2) Ilmu Geografi (3) Sistem Informasi Geografis, dan (4) Penginderaan ...