At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
Vol 9, No 1 (2025): JANUARI-JUNI 2025

IMPLEMENTASI PROGRAM SHOLAT DHUHA BERJAMAAH UNTUK MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN PESERTA DIDIK DI MA MUHAMMADIYAH 1 MALANG

Ulfah, Nidya (Unknown)
Romelah, Romelah (Unknown)
Thoifah, I’anatut (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Sholat dhuha merupakan kegiatan yang dapat memberikan penguatan akan permasalahan yang terjadi di sekolah, seperti adanya keterlambatan peserta didik, kurangnya kedisiplinan, kurangnya kesadaran dalam beribadah, dan masih banyaknya peserta didik yang belum tertib dalam berwudhu di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan sholat dhuha dan dampaknya bagi kedisiplinan perserta didik di MA Muhammadiyah 1 Malang. Pendekatan penelitian yang peneliti gunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Informan penelitian ini adalah guru bidang keagamaan, guru bidang kesiswaan dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penyelenggaraan program sholat dhuha di MA Muhammadiyah 1 Malang ini memberikan solusi akan kedisiplinan peserta didik, dengan Implementasi Program Sholat Dhuha Berjamaah untuk Membentuk Sikap Disiplin Peserta Didik dan indicator keberhasilan 1). Peserta didik datang tepat waktu; 2). Adanya peningkatan ketakwaan pada peserta didik yang dapat dilihat melalui pembiasaan sholat dhuha dan proses dalam belajar; dan 3). Mengumpulkan tugas tepat waktu. Pelaksanaan sholat dhuha dilakukan pukul 07.00 pagi yang mana peserta didik diharapkan sudah berwudhu dari rumah untuk efesiennya waktu. Sebeleum Sholat, guru mengkoordinir peserta didik menuju masjid dan melakukan absensi kehadiran.Dhuha prayer is an activity that can provide reinforcement for problems that occur in schools, such as the tardiness of students, lack of discipline, lack of awareness in worship, and there are still many students who have not been orderly in ablution at school. This study aims to describe the application of dhuha prayer and its impact on student discipline at MA Muhammadiyah 1 Malang. The research approach that researchers use is qualitative with the type of case study. The informants of this research are religious teachers, student affairs teachers and students. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. The data analysis technique uses data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of this study indicate that the implementation of the dhuha prayer program at MA Muhammadiyah 1 Malang provides a solution to the discipline of students, with the Implementation of the Congregational Dhuha Prayer Program to Form Disciplinary Attitudes of Learners and success indicators 1). Learners come on time; 2). There is an increase in piety in students which can be seen through the habituation of dhuha prayers and the process of learning; and 3). Collecting assignments on time. The implementation of dhuha prayers is carried out at 07.00 in the morning where students are expected to have wudhu from home for time afficiency. Before the prayer, the teacher coordinates students to the mosque and takes attendance

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

attajdid

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

Fokus dan scope: jurnal At-Tajdid merupakan jurnal pendidikan dan pemikiran islam,yang diterbitkan dua kali dalam setahun periode januari – juni, dan juli-desember. At-Tajdid merupakan artikel hasil penelitian dalam bentuk penelitian pengembangan, kualitatif, kuantitatif, studi literatur, aplikasi ...