At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
Vol 9, No 1 (2025): JANUARI-JUNI 2025

TRANSFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: STRATEGI INOVATIF DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL

Ramadhan, Nabil Auliya (Unknown)
Ahmad, Masduki (Unknown)
Kamaludin, Kamaludin (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Transformasi manajemen pendidikan Islam menjadi kebutuhan mendesak untuk menghadapi tantangan global di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi inovatif yang dapat diterapkan dalam manajemen pendidikan Islam, guna menjawab tantangan globalisasi, kemajuan teknologi, dan perubahan sosial budaya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kepustakaan, dengan analisis deskriptif dan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi dalam manajemen pendidikan Islam melibatkan integrasi nilai-nilai Islam dengan pendekatan modern, seperti penggunaan teknologi digital, pembaruan kurikulum berbasis STEM, serta pemberdayaan guru dan siswa dalam menghadapi tantangan global. Implementasi strategi ini memerlukan kepemimpinan yang adaptif, fleksibilitas kurikulum, dan kolaborasi internasional untuk menguatkan posisi pendidikan Islam di kancah global. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan baru bagi pengembangan manajemen pendidikan Islam yang relevan dan berkelanjutan.The transformation of Islamic education management has become an urgent necessity to face global challenges in the era of Industry 4.0 and Society 5.0. This study aims to explore innovative strategies that can be applied in Islamic education management to address the challenges of globalization, technological advancement, and socio-cultural changes. The research method uses a qualitative approach through literature study, with descriptive analysis and content analysis. The results of the study indicate that the transformation in Islamic education management involves the integration of Islamic values with modern approaches, such as the use of digital technology, curriculum renewal based on STEM, and the empowerment of teachers and students in facing global challenges. The implementation of these strategies requires adaptive leadership, curriculum flexibility, and international collaboration to strengthen the position of Islamic education on the global stage. This study is expected to provide new insights for the development of relevant and sustainable Islamic education management.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

attajdid

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

Fokus dan scope: jurnal At-Tajdid merupakan jurnal pendidikan dan pemikiran islam,yang diterbitkan dua kali dalam setahun periode januari – juni, dan juli-desember. At-Tajdid merupakan artikel hasil penelitian dalam bentuk penelitian pengembangan, kualitatif, kuantitatif, studi literatur, aplikasi ...