Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran Jasmani Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Ogan Ilir. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, data diambil melalui tes dan pengukuran dengan instrumen EUROFIT.Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa dan siswi dari Sekolah Luar biasa Negeri Ogan Ilir berjumlah 62 orang yang terbagi menjadi beberapa jenis ketunaan akan tetapi yang terdaftar aktif bersekolah terdiri dari 37 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini merupakan siswa dan siswi Sekolah Luar Biasa Negeri Ogan Ilir yang masuk dalam kategori tunarungu dan tunagrahita yaitu berjumlah 33 siswa dan siswi, sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 33 orang atau 100% dari jumlah seluruh siswa tunarungu dan tunagrahita yang aktif.Setelah melakukan tes serta pengukuran sampel tes maka didapatkan hasil bahwa 0 siswa mempunyai tingkat kebugaran jasmani yang baik yaitu 0%, 18 Siswa mempunyai tingkat kebugaran jasmani sedang yaitu 54,5%, dan 15 siswa mempunyai tingkat kebugaran jasmani kurang yaitu 45,5%. Berdasarkan data diatas maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kebugaran jasmani anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri Ogan Ilir mempunyai kategori sedang
Copyrights © 2025