Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi
Vol. 8 No. 3 (2025): May - July

Peran Brand Image Dalam Mediasi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Matahari

Irmasari, Diva Giyas (Unknown)
Umam, Moh Rifqi Khairul (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran citra merek (Brand Image) sebagai variabel mediasi dalam hubungan antara harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk fashion di Matahari melalui platform marketplace online. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan menerapkan metode SEM-PLS, di mana data dikumpulkan dari 160 responden mahasiswa Gen Z di wilayah Surakarta. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa baik harga, promosi, maupun citra merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Citra merek terbukti secara signifikan memediasi hubungan antara harga dan keputusan pembelian, namun tidak menunjukkan peran mediasi yang signifikan dalam kaitannya dengan promosi. Hasil ini menekankan pentingnya strategi penetapan harga yang kompetitif dan sejalan dengan persepsi merek yang dibangun, serta perlunya penguatan strategi promosi agar selain memberikan pengaruh langsung, juga mampu memperkuat citra merek. Studi ini memberikan kontribusi terhadap literatur pemasaran digital khususnya dalam konteks industri fashion e-commerce di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PARADOKS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal ini memuat tulisan ilmiah dalam bentuk hasil penelitian, kajian teori dan aplikasi teori, gagasan konseptual, resensi buku baru dan bibliografi. Tulisan-tulisan yang dimuat telah melalui proses penyuntingan seperlunya oleh penerbit dengan tanpa mengubah substansi sesuai naskah aslinya. ...