Rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik sering kali dikaitkan dengan kurangnya rasa percaya diri dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasa percaya diri terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Negeri 1 Singingi Hilir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Responden berjumlah 63 siswa yang dipilih melalui teknik total sampling. Instrumen berupa angket skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data mencakup uji normalitas, ANOVA, dan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara rasa percaya diri dan hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,024 (p < 0,05). Nilai R² sebesar 0,081 menunjukkan bahwa rasa percaya diri menyumbang 8,1% terhadap variasi hasil belajar. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan aspek afektif siswa, khususnya rasa percaya diri, dalam strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah menengah
Copyrights © 2025