Penerapan quality assurance bertujuan untuk memastikan bahwa lembaga pendidikan mampu memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan, baik dari segi kurikulum, sarana prasarana, maupun kualitas lulusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengkaji penerapan Quality Assurance di Lembaga Pendidikan sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berbasis pada penelitian lapangan, di mana data diperoleh melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan quality assurance di lembaga pendidikan Islam, khususnya dalam konteks madrasah, memiliki dampak positif dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penerapan sistem penjaminan mutu internal di madrasah yang diatur oleh Standar Nasional Pendidikan dan implementasi BAN-S/M berhasil meningkatkan akuntabilitas, efisiensi manajemen, serta kualitas pengajaran. Penerapan quality assurance secara konsisten juga membantu meningkatkan reputasi lembaga pendidikan di mata masyarakat serta memperkuat daya saing lulusan di tingkat nasional dan internasional.
Copyrights © 2025