ECEJ Early Childhood Education Journal
Vol. 2 No. 2 (2025): Volume 02 Nomor 02 (Juni 2025)

PENGARUH PENERAPAN METODE MONTESSORI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI TK AL-KHAIRAT KOTA GORONTALO

Manoppo, Nur Aulia Rivanya (Unknown)
Mohamad Zubaidi (Unknown)
Sri Rawanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : “Apakah terdapat pengaruh penerapan metode montessori terhadap kemampuan motorik halus anak usia dini di TK Al-Khairat Kota Gorontalo.”? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode montessori terhadap kemampuan motorik halus anak dalam studi kasus anak di TK Al-Khairat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test yaitu memberikan tes sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Subjek penelitian ini adalah 12 orang anak di kelompok B2 TK Al-Khairat Kota Gorontalo. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui penerapan metode montessori. Pengumpulan data pre-test dan post-test dilakukan melalui observasi menggunakan instrumen penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan cara olah data statistika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam nilai rata-rata hasil belajar sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, dapat dibuktikan dengan nilai yang diperoleh pada data pre-test dan post-test adalah 17,83 dan 37 Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Berdasarkan hasil uji t pada Diketahui bahwa nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 diterima dan H1 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan signifikan dalam kemampuan motorik halus anak pada data pre-test dan post-test. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel x berpengaruh terhadap variabel y. Kata Kunci: penerapan metode montessori,kemampuan motorik halus,anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ecej

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Early Childhood Education Journal is an open access peer reviewed scientific journal published by PT Ininnawa Paramacitra Edukasi. This Journal as a scientific media for research study of lecturers, students and other researchers related to early childhood education. This journal is published ...