Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kinerja perusahaan pada PDAM Kabupaten Bondowoso berdasarkan metode balanced scorecard, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara kepada informan, teknik dokumentasi berupa laporan keuangan, serta teknik kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah laporan keuangan PDAM Kabupaten Bondowoso tahun 2020, 2021, dan 2022 serta karyawan PDAM Kabupaten Bondowoso. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling, penentuan ukuran sampel menggunakan rumus slovin yang diperoleh ukuran sampel sebanyak 110 responden karyawan PDAM Kabupaten Bondowoso. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 2020 hingga tahun 2022, kinerja pada perspektif keuangan tidak baik karena masih belum tepat dalam proses penganggaran, sedangkan pada kinerja perspektif pelanggan sudah cukup baik, pada perspektif proses bisnis internal memperoleh hasil kurang baik, serta tingkat kinerja pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan memperoleh hasil yang baik. PDAM Kabupaten Bondowoso harus memperbaiki pelayanan kepada pelanggan karena pendapatan perusahaan dapat meningkat jika menambah tingkat pemerolehan pelanggan baru.
Copyrights © 2025