Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 9, No 1 (2025): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

Penerapan Metode CIRC Berbasis Open-Ended Dalam Pembelajaran Qira'ah Di Mts Darusa'dah Muara Enim

Oktari, Safira Dwi (Unknown)
Wasilah, Wasilah (Unknown)
Muhammad, Kemas (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2025

Abstract

Penelitian ini membahas tantangan dalam pembelajaran Qira'ah di MTs Darusa'dah Muara Enim yang menggunakan metode konvensional sehingga belum mencapai hasil yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperluas efektivitas penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbasis pendekatan open-ended dalam pembelajaran Qira'ah. Penelitian ini menggunakan metode campuran yang mengintegrasikan data kualitatif dan kuantitatif melalui observasi, wawancara, serta tes pre-test dan post-test yang melibatkan 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan Qira'ah siswa, dengan nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen meningkat menjadi 77,08 dari nilai pre-test sebesar 55,58. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan metode CIRC yang dikombinasikan dengan pendekatan terbuka secara efektif meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran Qira'ah. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-maraji

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Al-Marãji’ p-ISSN: 2579-8863 e-ISSN: 2656-6958 adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal ini dikhususkan pada kajian Pendidikan bahasa Arab baik teori maupun praktek. Jurnal Al-Marãji’ terbit dua kali ...