Peran kepala sekolah sangat krusial dalam memelihara suasana harmonis di lingkungan sekolah melalui pengambilan keputusan yang tepat saat terjadi konflik dan perbedaan pendapat. Pengambilan keputusan yang tepat dan berbasis nilai-nilai kepemimpinan partisipatif sangat diperlukan untuk mengelola perbedaan pendapat secara konstruktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelusuri bagaimana peran kepala sekolah dalam pengambilan keputusan, menjelaskan cara pengelolaan perbedaan pendapat berdasarkan studi terdahulu, serta menyusun saran praktis dari hasil telaah literatur. Metode yang digunakan dalam penelitian berupa studi literatur dengan menelaah berbagai sumber terkait kepemimpinan dan manajemen konflik di sekolah. Hasil kajian menunjukkan bahwa kepala sekolah yang menerapkan kepemimpinan partisipatif dapat mengelola konflik dan perbedaan pendapat dengan melibatkan semua pihak secara aktif dalam proses pengambilan keputusan. Kepala sekolah perlu menguasai keterampilan komunikasi dan manajemen konflik untuk menciptakan keputusan yang adil dan mendukung keharmonisan di sekolah. Saran praktisnya adalah pentingnya pelatihan bagi kepala sekolah dalam pengelolaan konflik dan komunikasi efektif.
Copyrights © 2025