Media pembelajaran memiliki peran penting sebagai sarana penunjang dalam kegiatan belajar mengajar, karena mampu membangkitkan pikiran, emosi, konsentrasi, serta potensi dan keterampilan peserta didik. Dalam konteks pendidikan anak usia dini, media pembelajaran harus mampu mendukung tercapainya perkembangan holistik anak, yang mencakup aspek kognitif, sosial-emosional, fisik, dan spiritual secara seimbang. Namun, KB KH. Asy’ari Kabupaten Kendal, masih menghadapi tantangan dalam hal keterbatasan variasi media dan metode pembelajaran, sehingga belum optimal dalam merangsang seluruh aspek perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi beragam kegiatan permainan air sebagai media stimulasi perkembangan holistik anak usia dini. Penelitian merupakan penelitian lapangan, berfokus pada pemahaman mendalam terhadap dinamika fenomena yang diteliti. Implementasi beragam kegiatan permainan air sebagai media stimulasi perkembangan holistik anak usia dini di KB KH. Asy'ari menunjukkan hasil yang positif dalam upaya merangsang aspek motorik, kognitif, dan sosial-emosional anak secara menyeluruh. Anak-anak terlihat antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan, karena permainan air dengan tema menuang dan memindahkan air dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan eksploratif. Hambatan timbul karena keterbatasan ruang bermain dan perlengkapan yang belum memadai dalam menunjang variasi permainan. Faktor pendukung utama, yaitu semangat dan antusiasme anak-anak dalam bermain air, serta dukungan dari guru dan orang tua.
Copyrights © 2025