Tujuan artikel ini untuk mengetahui pengaruh penerapan project based learning berbasis media loose part “fun post” terhadap kreativitas anak usia dini. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif bentuk quasi eksperiment dengan jenis nonequavalen control design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 40 anak yaitu 20 anak dikelas B1 sebagai kelas kontrol, dan B2 berjumlah 20 anak kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk menilai kreativitas anak. Aspek yang dinilai yaitu fluency, flexibility, originality, elaboration. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa data pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Secara keseluruhan terjadi peningkatan skor pada kedua kelas. Rata-rata skor hasil pretest dan posttest kelas eksperimen adalah 12,75 dan 26,55. Sementara rata-rata skor hasil pretest dan posttest kelas kontrol adalah 12,55 dan 21,60. Dengan selisih nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 13,8 dan kels kontrol adalah 9,05. Hasil hipotesis diketahui nilai sig.(2tailed) adalah 0,00 ‹ α (0.05) dapat disimpulkan bernilai signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh project based learning berbasis loose part “fun post” terhdapa kreativitas anak usia 5-6 tahun, hasil pengolaan data menggunakan bantuan dari SPSS 16 for windows.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025