Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan literasi dasar yang diintegrasikan dalam kurikulum operasional sekolah melalui pemanfaatan media movable alphabet, yang dirancang untuk memperkuat pengenalan huruf, fonemik, dan keterampilan membaca awal secara menyenangkan dan interaktif sesuai dengan tahap perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum operasional sekolah terintegrasi literasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model 4-D yang terdiri dari Define Design, Develop dan Disseminate. Uji validasi dilakukan oleh ahli atau validator, sementara uji keefektifan dilakukan untuk mengetahui integrasi kurikulum operasional sekolah dengan kemampuan literasi anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum operasional sekolah terintegrasi literasi layak digunakan untuk uji coba dengan kategori “valid”. Uji efektifitas menunjukkan peningkatan kemampuan literasi anak setelah menggunakan kurikulum operasional sekolah yang terintegrasi literasi dengan kategori “sangat efektif’. Berdasarkan hal tersebut maka kurikulum operasional sekolah yang terintegrasi literasi merupakan inovasi yang efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi anak dan dapat menjadi referensi dalam pengembangan kurikulum operasional sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025