Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial
Vol. 4 No. 2 (2025): Juli

Penerapan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Inflasi di Kelas XI E-2 SMA Negeri 9 Pekanbaru

Gusnardi (Unknown)
Riyantini (Unknown)
Leyra Rahmadhani Salman (Unknown)
Romauli Hutabarat (Unknown)
Nuraini (Unknown)
Duwi Lestari (Unknown)
Zulmahera (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam memahami materi inflasi melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada kelas XI E-2 SMA Negeri 9 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Strategi pembelajaran CRT diintegrasikan dengan nilai-nilai budaya lokal Minang dan Melayu yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa, guna meningkatkan keterlibatan dan pemahaman terhadap konsep ekonomi yang diajarkan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi langsung, catatan lapangan, dan refleksi siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam motivasi belajar siswa, ditandai dengan meningkatnya partisipasi dalam diskusi kelas, antusiasme terhadap materi pembelajaran, serta kemampuan siswa mengaitkan materi inflasi dengan konteks budaya mereka. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan pembelajaran yang responsif secara budaya efektif dalam menciptakan pembelajaran yang relevan dan bermakna, khususnya dalam konteks pendidikan ekonomi di tingkat menengah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipsi

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

he focus of this JIPSI journal is based on the results of educational research that contributes to the understanding, improvement, development of scientific theories and concepts and their application to education in Indonesia. The scope of education includes educational administration, guidance, ...