JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 5, No 3 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi

Peranan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMK Era Utama Pancur Batu

Napitupulu, Rony (Unknown)
Siregar, Nurliani (Unknown)
Butarbutar, Imelda (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

The research data is quantitative, which uses the concept of data collection using observation questionnaires and documentation by researchers who have the aim of analyzing the role of PAK teachers' pedagogical competence in improving the learning achievement of class XI students in Christian Religious Education (PAK) subjects at Era Utama Private Vocational School, Pancur Batu. This research involved one class, namely class XI The research results show that the independent variable (x) is teacher pedagogical competence 39.2, variance 5.36 Meanwhile, the value obtained in the dependent variable (y) is student learning outcomes with an average value of 56.4 standard and with a variance of 339.64. From the results of correlation calculations using the product moment, the calculated price is (16,05) with the price on the tablet with db-20-2-18 and a significance level of 5%, the t table price is 2,100, the calculated t value of 3,06 is greater than the t table price of 2,100 then the alternative hypothesis is accepted, then the statement data submitted strongly supports the relationship between the role of teacher pedagogic competence in improving student learning achievement.ABSTRAKPeranan kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) di SMK Swasta Era Utama, Pancur Batu. Data Penelitian ini bersifat kuantitatif yang dimana konsep pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi oleh peneliti. Penelitian ini melibatkan satu kelas, yaitu kelas XI Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen (x) yaitu kompetensi pedagogic guru 39,2, varians 5,36 Sedangkan nilai yang diperoleh dalam variabel dependen (y) yaitu hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 56,4 standar dan dengan varians 339,64. Dari hasil perhitungan korelasi dengan menggunakan uji korelasi produc moment menghasilkan harga hitung (16,05) dengan harga pada table t dengan db = 20-2 = 18 dan taraf signifikansi 5% diperoleh harga t table = 2,100 oleh karena itu harga t hitung 3,06 lebih besar dari harga t table 2,100 maka hipotesis alternative di terima, maka data pernyataan yang di ajukan sangat mendukung terhadap hubungan peran kompetensi pedagogik guru terhadap dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...