Kepemimpinan kepala madrasah memiliki peran krusial dalam meningkatkan kualitas pendidikan, termasuk dalam aspek disiplin siswa. Madrasah Aliyah Darul Muhajirin Praya sebagai lembaga pendidikan Islam berupaya mengembangkan kepemimpinan kepala madrasah yang efektif guna mencapai tujuan akademik dan non-akademik. Namun, tantangan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa masih menjadi perhatian utama. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan disiplin siswa di Madrasah Aliyah Darul Muhajirin Praya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan data collection, condensation data, display data, dan conclusion data. Untuk memastikan validitas data, digunakan teknik perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Aliyah Darul Muhajirin Praya meliputi beberapa aspek utama, yaitu sebagai pendidik, manajer, dan pemimpin. Dalam meningkatkan disiplin siswa, kepala madrasah bertindak sebagai pemimpin yang menggerakkan, mengarahkan, membimbing, melindungi, membina, memberikan teladan, dorongan, serta bantuan kepada seluruh elemen madrasah. Kepala madrasah juga berperan dengan mengikutsertakan tenaga kependidikan dalam pelatihan, workshop, atau diklat serta melakukan pengawasan secara berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kualitas sekolah. Dengan demikian, kepemimpinan kepala madrasah yang efektif berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di madrasah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025