Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 3 No. 1 (2025): April 2025

Manajemen Kurikulum PAUD: Membangun Lingkungan Belajar Yang Responsif Terhadap Anak

Virli Susanti, Utia (Unknown)
Nadiyah, Nadiyah (Unknown)
Destriani, Elma (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2025

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan fondasi penting dalam pembentukan karakter dan perkembangan holistik anak. Lingkungan belajar yang responsif sangat dibutuhkan untuk mendukung proses tumbuh kembang pada masa keemasan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana manajemen kurikulum dapat membangun lingkungan belajar yang responsif dalam konteks PAUD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui studi literatur dan wawancara semi-terstruktur. Fokus kajian diarahkan pada empat tahapan utama manajemen kurikulum, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan aktif guru dalam merancang dan melaksanakan kurikulum memiliki pengaruh besar terhadap terciptanya suasana belajar yang positif, aman, dan adaptif terhadap kebutuhan perkembangan anak. Kurikulum yang fleksibel dan terstruktur terbukti mampu memberikan ruang bagi kreativitas guru serta mendorong partisipasi anak secara aktif dalam pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa manajemen kurikulum yang responsif, didukung oleh peran guru yang aktif sebagai fasilitator dan pengelola kelas, merupakan kunci dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan ramah anak di satuan PAUD.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusiana

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan menerbitkan artikel ilmiah yang meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...